Home / digital marketing / Keahlian Yang Bikin loe Ga bakal kekurangan Penghasilan ( Pekerjaan Yang Paling Dicari di tahun 2019)
akuntan

Keahlian Yang Bikin loe Ga bakal kekurangan Penghasilan ( Pekerjaan Yang Paling Dicari di tahun 2019)

Keahlian yang bikin kamu ga kekurangan Penghasilan di Tahun 2019

Tidak Terasa Penghujung Tahun Tersisa beberapa bulan lagi, dan saat nya kaum millenial bersiap untuk melihat prospek pekerjaan maupun bisnis yang akan berkembang dan diminati di Tahun 2019 nanti.

Dilansir dari perkataan CEO dan Co-Founder PT Top Karir Indonesia (TopKarir) Bayu Janitra Wirjoatmodjo mengatakan, untuk lulusan SMK/SMA, mereka lebih tertarik pada pekerjaan adminisrasi bisnis. sementara bagi lulusan S1 banyak mencari pekerjaan yang sifatnya marketing, brand, produk.

“Marketing inteligent and survey, kemudian digital marketing, itu yang paling top,” ujar Bayu di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Sementara, untuk bidang pekerjaan yang kurang diminati, Bayu menyebut ada tiga bidang. “Yang paling susah dicari itu adalah SDM untuk sales, hospitality dan IT (software),” sebut Bayu.

Pekerjaan sebagai sales tidak banyak diminati karena dianggap low job. Pekerjaan lain yang kurang diminati adalah di bidang hospitality. Dari sekian ribu lowongan kerja yang ditawarkan, nyatanya hanya sebagian kecil yang terisi.

Walaupun industri ini semakin berkembang dan ekosistem sekitarnya bangkit, tapi ketersediaan SDM masih jadi pekerjaan rumah tersendiri. Sementara untuk pekerjaan IT, sebenarnya banyak yang ditawarkan.

 

Oleh karena itu yuk, kita cari tau keahlian apa saja yang paling di cari di tahun 2019 :

1. Digital Marketing

Keahlian digital marketing  

Semakin meningkatnya pengguna internet menjadikan internet sebagai salah satu platform penting dalam memasarkan produk dan jasa dari suatu perusahaan. Di kanal digital ini, perusahaan juga dapat melakukan promosi secara spesifik berdasarkan target market yang ingin diincar, mulai dari umur, lokasi, minat, dan lain-lain. Tidak heran profesi digital marketing ini menjadi salah satu profesi yang paling dicari di masa depan khususnya ketika kamu mencari lowongan kerja Jakarta karena terdapat sejumlah perusahaan besar disana yang membutuhkan profesi ini.

2. Data Analyst (ahli data)

analist

Saat ini, sudah sangat banyak perusahaan yang merekrut ahli data (data scientist) untuk mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data yang diperoleh perusahaan sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan. Uniknya, untuk bisa menjadi seorang data scientist, bukan berarti kamu harus memiliki latar belakang pendidikan sains atau belajar IPA. Profesi ini sesungguhnya bisa dilakukan oleh siapa saja yang punya pengetahuan di bidang komputer dan elektronik, statistik, ekonomi, matematika, manajemen.

Tidak ketinggalan, kamu juga perlu memiliki keterampilan dan kecakapan (soft skills), seperti mampu berpikir kritis, mampu menyaring data, memiliki daya analisis yang kuat, suka bereksperimen, punya rasa ingin tahu yang besar dan mempunyai kemampuan berkomunikasi yang kuat untuk bisa menyampaikan hasil data-data temuanmu dengan baik di hadapan klien.

3. Akuntan atau Auditor

Di tahun 2019 nanti, pertumbuhan lowongan pekerjaan untuk posisi tersebut akan meningkat sebesar 16%. Bagi para lulusan yang berorientasi pada pendapatan, pekerjaan sebagai akuntan adalah pilihan tepat. Hal ini karena adanya proyeksi peningkatan gaji untuk posisi tersebut. Peluang karier seorang akuntan juga akan selalu menjanjikan mengingat hampir setiap perusahaan, lini bisnis, dan bahkan perorangan sekalipun membutuhkan jasa seorang akuntan dalam menganalisa keuangan, membuat laporan keuangan dan laporan pajak.

4. Public Relations (Hubungan Masyarakat)

Public Relation atau yang biasa disebut humas ini sangat erat kaitannya dengan hubungan dengan pemerintahan sehingga sangat dibutuhkan. Masih ingat kan kasus ojek online vs taksi konvensional? Kasus ini membuktikan kalau inovasi di bidang teknologi tidak selalu langsung diterima oleh masyarakat. Teknologi pun juga tidak bisa lepas dari kebijakan pemerintah. Makanya, profesi di bidang humas, khususnya government relation, menjadi sangat dibutuhkan untuk menanggulangi kasus yang seperti ini.

Peran humas atau yang lebih dikenal dengan publik relation juga sangat krusial bagi sebuah organisasi. Humas memiliki peran dalam menciptakan citra baik organisasi , mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang organisasi baik kepada publik, klien ataupun para investor.

5. Praktisi Kesehatan

Praktisi kesehatan masih akan menjadi profesi yang menjanjikan di masa depan khususnya di tahun 2019. Semakin bertambahnya penduduk otomatis akan menyebabkan kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan juga terus meningkat. Hal ini tidak diimbangi dengan jumlah peminat yang ingin menggeluti profesi terutama di bidang kesehatan.

Oleh karena itu bidang seperti kedokteran, Asuransi dan Kesehatan akan semakin di gemari

6. Pekerjaan yang Berkaitan dengan Ilmu Komputer dan Matematika

Keahlian yang terkait data yang juga diperkirakan akan semakin diperlukan pada tahun 2019 antara lain termasuk programmer, information security analyst, dan terutama software developer. Anda mungkin sudah melihat sendiri munculnya kebutuhan akan profesi ini melalui pesatnya pertumbuhan perusahaan startup di Indonesia, mulai dari transportasi online, e-commerce, hingga reservasi tiket penerbangan dan hotel via online.

7. Arsitek dan Ahli di Bidang Teknik

Untuk dua bidang ini, World Economic Forum memperkirakan masih akan terus dibutuhkan. Lapangan pekerjaan di bidang teknik di tahun 2019 pun diprediksi akan naik. Secara spesifik, akan ada pertumbuhan pesat di bidang nanoteknologi, biokimia, robotik, dan material. Diperkirakan akan ada 2 juta lapangan pekerjaan di bidang teknik di tahun 2019 untuk profesi arsitek dan ahli teknik lainnya. Perancang yang akan semakin banyak dibutuhkan adalah mereka yang menekuni biochemicals, nanotechnology, robotics, and materials.

8. SEO Specialist

Akhir-akhir ini, seiring perkembangan teknologi dan informasi, pekerjaan di bidang ini pun semakin meningkat dan bertambah, salah satunya adalah SEO Specialist. SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization, dimana dengan menggunakan SEO diharapkan kata kunci / keyword yang ditargetkan bisa di index di halaman pertama dalam mesin pencari (Search Engine), contohya google. SEO dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, pencarian video, pencarian akademik, pencarian berita dan mesin pencari vertikal industri-spesifik.

Sedangkan, SEO Specialist adalah orang yang ahli dalam mengoptimalkan SEO, sehingga halaman website suatu perusahaan menjadi yang paling terdepan saat seseorang melakukan pencarian terhadap kata kunci tertentu. Dengan begitu seorang SEO Specialist menjadi sangat penting dalam Marketing Strategy suatu perusahaan. Umumnya SEO Specialist dibutuhkan di perusahaan digital marketing. Lowongan pekerjaan untuk SEO Specialist diprediksi akan terus meningkat hingga di tahun 2019 nanti.

9. Marketing

Dibutuhkan orang-orang pemasaran untuk bisa menyampaikan keunggulan penawaran perusahaan kepada berbagai tipe klien. Akan tetapi, marketing yang dimaksud di sini juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi. Jika kamu memiliki skill di bidang online advertising, digital marketing, dan pengelolaan media sosoial maka kamu sangat beruntung. Mengapa demikian? Karena skill-skill seperti itulah yang akan sangat dibutuhkan untuk bekal menjadi seorang pekerja marketing di tahun 2019.

Oleh karena itu Digital Insurance Marketer .id sangat mereferensikan juga seorang pemasar untuk mengerti digital marketing yang diajarkan di materi Leads Generation Mastery

 

baca juga : apa yang di maksud leads generation mastery ?

10. Web/Mobile App Developer

web developer

Seiring perkembangan gaya hidup digital masyarakat saat ini, kebutuhan untuk menciptakan sebuah aplikasi digital kian meningkat. Pemain besar di industri aplikasi ini adalah aplikasi di sistem operasi Android dan iOS. Lihat saja sekelliling kita, sekarang pesan ojek, memesan makanan, memesan kamar hotel, belanja, dan lain-lain semua bisa dilakukan dengan aplikasi di ponsel kita. Melihat situasi ini, banyak bermunculan para developer iOS dan Android untuk memenuhi kebutuhan dalam pembuatan aplikasi.

Situasi ini pun menjadi lahan pasar yang sangat besar bagi para developer yang ingin menghasilkan pendapatannya melalui aplikasi yang dibuat. Semakin banyak perusahaan, mulai dari perusahaan rintisan (start-up) hingga perusahaan global sekalipun mulai mengembangkan aplikasi web/mobile untuk menjangkau konsumen mereka. Tidak heran profesi pengembang aplikasi akan semakin dicari dan dibutuhkan hingga di tahun 2019 mendatang.

11. Software Developer dan profesi yang berkaitan dengan IT

Di era digital saat ini, hampir semua perusahaan, baik yang kecil maupun besar, membutuhkan sistem komputerisasi untuk memajukan setiap unit bisnis mereka. Teknologi komputer juga diprediksi akan semakin berkembang sehingga lowongan pekerjaan di bidang IT, khususnya untuk profesi programmer dan software developer akan terus meningkat.

Demikianlah ulasan seputar 11 Keahlian paling dibutuhkan tahun 2019 dan ga akan bikin kamu kekurangan. Kebanyakan pekerjaan yang telah disebutkan diatas adalah Keahlian yang dapat dilakukan oleh manusia dan masih sulit digantikan oleh kecerdasan buatan seperti robot dan kecanggihan teknologi lainnya. Kamu bisa intip info lebih banyak lagi terkait informasi menarik seputar gambaran Keahlian di masa depan ini hanya di situs Digital Insurance Marketer. 

About Haymaker

Check Also

Cara Membuat Website Sederhana yang Bisa Diikuti Pemula, Yuk Disimak!

Cara Membuat Website Sederhana yang Bisa Diikuti Pemula Jika berbicara soal cara membuat website sederhana, …

One comment

  1. We аbsolutely love your blog ɑnd find many of your
    post’s to Ƅe exacrly I’m ⅼooking for.

    Do you offer guuest writers tо write cօntent іn yopur casе?
    I w᧐uldn’t mind writing a post ⲟr elaborating ⲟn moѕt of
    tһe subjects you wrіte regarding heгe. Aɡaіn, awesome weblog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.