Home / digital marketing / Terapkan Teknik Sales Funnel Agar Bisnis Online Sukses

Terapkan Teknik Sales Funnel Agar Bisnis Online Sukses

Terapkan Teknik Sales Funnel Agar Bisnis Online Sukses

Sekarang ini sudah semakin banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha atau bisnisnya sendiri terutama bisnis online. Dalam memulai bisnis ini sendiri tidak bisa asal-asalan dalam membangunnya terutama bagi pemula yang masih minim akan wawasan dan pengalaman.

Bisnis membutuhkan sebuah rencana yang betul-betul matang agar bisa berjalan sesuai harapan. Salah satu hal yang harus diperhatikan sungguh-sungguh saat akan memulai atau membuka sebuah bisnis ialah strategi penjualan.

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis istilah teknik sales funnel pasti sudah tidak asing lagi. Sales funnel ini adalah salah satu strategi marketing di dunia bisnis baik itu offline atau online yang dikenal bisa meningkatkan penjualan secara maksimal. Bingung? Mari mengenal lebih jauh tentang sales funnel dengan menyimak ulasan berikut.

Apa Sih Teknik Sales Funnel Itu?

Sales funnel ini adalah salah satu sistem yang ada dalam marketing. Di sini nantinya terjadi proses penjaringan prospected customer hingga menjadi customer yang nantinya akan menjadi repeat buyer.

Sederhananya sales funnel ini merupakan cara pemilik usaha atau bisnis dalam membuat orang yang tidak mengenal produknya sama sekali menjadi kenal dengan produk tersebut. Setelah mengenal produk, akan terjadi pendekatan yang nantinya membuat orang tersebut menjadi pembeli, kemudian akan berlanjut menjadi pembeli tetap atau pelanggan setia produk yang ditawarkan.

Tujuan Dari Penerapan Teknik Sales Funnel

Sales funnel ini ada sejak lama jauh sebelum ada bisnis online. Namun, karena sekarang jaman sudah berubah dan teknologi semakin maju, dunia bisnis online pun semakin dikenal dan diminati teknik atau strategi bisnis satu ini pun juga pada akhirnya diterapkan pada dunia bisnis online.

Sebetulnya teknik sales funnel ini ada untuk membuat rencana bisnis dengan strategi bisnis bisa berjalan dengan lebih terarah. Tujuan utamanya adalah untuk membantu pebisnis lebih mudah melihat apakah rencana bisnis dengan strategi yang dibuat sudah tertata dan terarah atau masih berantakan.

Perlu diketahui langkah awal dalam memulai bisnis sendiri adalah mencari pasar yang tepat. Pasar di sini adalah pembeli yang nantinya bisa menjadi pembeli tetap dalam usaha yang dibangun. Untuk menjaring calon pembeli yang potensial tersebut sales funnel inilah solusinya.

Apa Saja Tahapan Dari Sales Funnel?

Awareness

Poin pertama ini adalah langkah paling awal dan langkah yang paling penting untuk menarik customer baru. Caranya dengan memperkenalkan produk yang ada pada calon customer tersebut. Kunci dari tahap ini adalah untuk membangun rasa percaya calon customer pada produk yang ditawarkan, agar calon customer ini bisa menjadi customer yang loyal nantinya.

Untuk bisnis online jika membicarakan awareness ini maka hal ini berhubungan pada sebuah konten. Untuk itu dalam membuat konten ini harus betul-betul menarik dan berkualitas. Usahakan untuk membuat konten yang real atau benar-benar ada dan terjadi. Hindari konten yang hanya awang-awang apalagi konten yang pembuat konten itu sendiri tidak tahu dan pernah mengalaminya sendiri.

Konten yang baik membutuhkan sebuah penelitian sehingga bisa berhubungan dan sesuai dengan keseharian target customer. Solusi tepatnya adalah dengan memanfaatkan SEO serta social ads, hal ini bisa mendapatkan awareness dari customer pada bisnis online.

Interest

Setelah berhasil membangun dan mendapatkan awareness dari customer, tahap kedua dalam teknik sales funnel ini adalah interest. Membuat target market jadi tertarik pada produk yang ditawarkan ini adalah dengan aktif merespon semua pertanyaan dan tanggapan dari customer.

Strategi yang bisa diterapkan di sini adalah dengan rutin membuat konten berkualitas setiap hari. Tidak perlu membuat konten lebih dari satu dalam sehari karena ini bisa jadi tidak efektif. Lebih baik membuat satu konten setiap hari atau satu minggu 3 kali membuat postingan konten yang penting berkualitas agar bisa menarik perhatian customer.

Decision

Di sini misinya adalah untuk membuat customer mengambil keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan. Cara mengetahui apakah customer tersebut akan mengambil keputusan membeli atau tidak adalah dengan mengamati apakah mereka mulai banyak bertanya produk yang ditawarkan, mulai membandingkan, bahkan meragukan produk yang ditawarkan.

Jika customer sudah memberikan sinyal-sinyal tersebut usahakan untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Jangan malas untuk membalas komentar dan pertanyaan customer. Jika perlu tawarkan diri untuk menjelaskan produk secara tatap muka untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang produk tersebut.

Action

Jika sudah sampai tahap ini artinya customer tersebut sudah menjadi pembeli atau pengguna produk yang ditawarkan. Meski demikian perhatian pada customer tetap harus berlanjut dengan memberikan layanan dari produk atau jasa yang ditawarkan agar customer puas dan bisa menjadi customer yang loyal.

Jika sudah menjadi customer loyal, besar kemungkinan customer tersebut akan mempromosikan produk tersebut ke orang lain serta menjadi pelanggan tetap. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga customer yang sudah didapat dengan baik. Pelayanan after sales sangat menentukan di sini, jangan malas!

Dari keempat tahap tersebut teknik sales funnel memang terlihat mudah namun dalam praktiknya tentu tidak semudah itu. Tidak sedikit yang melakukan kesalahan dalam praktek sales funnel ini terutama di bisnis online.

baca juga : Mengetahui Apa yang Dimaksud Marketing Funnel dalam Digital Marketing

Kesalahan yang Biasa Terjadi

Dalam praktiknya biasanya menerapkan teknik sales funnel sering terjadi kesalahan yang fatal pada tahap paling awal. Kesalahan tersebut ialah langsung menyebutkan produk yang ditawarkan.

Padahal hal ini justru bisa menjadi alasan atau penyebab utama customer jadi tidak tertarik dengan produk atau jasa tersebut, hingga gagal lah mendapat pelanggan lebih banyak.

Lebih baik lakukan edukasi produk terlebih dahulu dan hindari membujuk customer untuk langsung membeli atau menggunakan produk yang ada dengan membuat konten seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Teknik sales funnel ini sangat dibutuhkan di dunia bisnis online sebab biasanya proses berjualan online terjadi lebih panjang daripada berjualan secara tatap muka. Perlu adanya pengenalan atau edukasi produk pada calon konsumen adalah alasan utamanya.

Di sinilah peran penting sales funnel, menggiring calon pembeli atau customer untuk lebih mengenal produk yang ditawarkan hingga nantinya terjadi pembelian. Perlu ketekunan dan kesabaran ekstra memang karena produk yang ditawarkan tidak bisa dilihat langsung oleh customer.

Tugas pemilik bisnis online untuk bisa membangun kepercayaan customer, agar mau membeli produk yang ditawarkan dan bisa menjadi pelanggan tetap serta loyal. Teknik sales funnel ini adalah langkah yang dilakukan di awal saat memulai bisnis terutama bisnis online.

Dengan menerapkan teknik sales funnel ini pada bisnis online tentu akan membuat bisnis tersebut bisa lebih terarah dan bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak. Pemilik usaha bisa tahu apa saja yang harus dilakukan dan kapan melakukan hal itu dalam waktu yang tepat. Nah, sekian ulasan tentang sales funnel untuk bisnis online kali ini. 

Oleh karena itu Admin Mengundang Pembaca semua untuk mensubscribe dan meninggalkan email anda di Kolom kami agar, anda selalu mendapatkan update terbaru mengenai Ilmu ilmu Digital marketing lainnya dan juga ilmu Funneling!

Salam sukses!

About Haymaker

Check Also

Berikut Langkah-langkah atau Cara Beriklan di Google

Berikut Langkah-langkah atau Cara Beriklan di Google Cara Beriklan di Google termasuk salah cara yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.