Home / digital marketing / BAGAIMANA MENEMUKAN TARGET MARKET DAN MENEMUKAN DIMANA MARKET BERADA?
DIM Target Market
DIM Target Market

BAGAIMANA MENEMUKAN TARGET MARKET DAN MENEMUKAN DIMANA MARKET BERADA?

MENEMUKAN TARGET MARKET DAN MENEMUKAN DIMANA MARKET BERADA?

Targeting yang tepat adalah kunci dimana biaya iklan semakin murah, dan jumlah penjualan semakin tinggi.

Hal ini menjadi sesuatu yang di dambakan oleh semua marketer di dunia ini, termasuk saya hehe…

Tapi..
Masalahnya..

Tidak sedikit juga yang malah, misalnya boncos ketika ngiklan, promosinya sudah jor jor-an tapi gak ada hasilnya. Bahkan malah capek sendiri akhirnya. Khusus pada bagian ini, saya juga mengalaminya beberapa kali hehe…

Kalau anda gimana? Boncos berapa kali bulan ini? *ehh…

Kunci utamanya, adalah tahu dimana letak “mereka” berada, dari sini nantinya juga akan tercapai, namanya BEST TARGETING MARKETnya!

Lalu…
Gimana caranya?

Sedikit tips dari saya..
Lakukan beberapa hal berikut ini…

#1 - PERTAMA, Anda harus yakin siapa sebenarnya target market anda?

Marketing adalah tentang bagaimana cara memainkan persona seorang audience. Setuju?
Disinilah, banyak yang salah jalan dalam menjalankannya. Keyakinan akan target audience disini, bukan sekedar tahu apa yang mereka mau, tapi juga berbicara apa yang mereka inginkan misalnya. Keadaan ini juga makin rumit jika akhirnya kita berbicara faktor psikologis, hingga biologis bahkan. Tapi, ya begitulah marketing, ketika anda sudah paham SIAPA SIH TARGETNYA? Maka jangan heran, penjualan produk anda seperti sumber air yang ada di puncak gunung, mengalir tiada henti. Amin..

#2 - KEDUA, Pastikan data data yang anda miliki udah valid dan benar (data ini bisa saja data yang anda dapatkan dari social media, software tertentu dllnya)

Nah, kalau sudah berbicara database, kita tidak bisa tidak menolak bahwa semua ini bagian besar dari sosmed dan juga software2 yang teman teman. Database ini, biasanya menjadi rancu, karena begitu banyaknya database yang di miliki bisa jadi menjadi salah satu sebabnya. Dari kerancuan inilah, awal dari kesalahpahaman dalam memahami dimana sebenarnya target market yang sesuai. Misal anda memiliki custom audience fb sebesar 100rb audience, dan anda mengira semuanya adalah buyer audience, padahal facebook sendiri tidak pernah memberikan jaminan bahwa custom audience ini pembeli. Ini menjadi semakin “lucu” ketika banyak klaim klaim yang menyatakan bahwa banyaknya data memberikan andil besar kepada hasil penjualan, padahal data yang besar bisa juga menjadi “beban” cost untuk membayar data tersebut. Logis, kan?

#3 - Mulailah untuk melakukan RE-Management data sosial media anda

Sebagai salah satu penyumbang traffic gratis terbesar, sosial media memberikan pengaruh tersendiri dalam menentukan letak seorang target audience. Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa sosial media juga perlu di manajemen ulang pada waktu tertentu. Sebagai contoh, interaksi mention di facebook anda pada tahun 2017 dengan tahun 2018 ini tentu sudah berbeda, dan dari perbedaan inilah, anda harus melakukan manajemen ulang. Misalnya, anda melakukan listing siapa siapa saja yang paling sering mention anda. siapa siapa saja yang paling sering melakukan interaksi langsung by PM dengan anda. Hal hal sepele seperti ini yang biasanya membuat kita salah menentukan target market kita sendiri..

#4 - KEEMPAT, Lakukan Uji Coba Ulang Terhadap Funnel Anda

funnel ini tidak bisa kita biarkan pada awal kemudian berjalan begitu saja. Funnel pada hari ini, bisa saja berubah hasilnya pada hari lainnya, bulan lainnya, dan waktu lainnya. Semua ini sangatlah dinamis sifatnya. Oleh karena itu, anda sebagai pelakunya, ya jelas harus juga dinamis dalam memanfaatkan potensi funneling ini.

#5 - KELIMA, "Main main" ke google, dan forum forum yang berkaitan dengan produk anda

Nah, main main yang saya maksud adalah banyak banyak membaca perkembangan marketingnya, tekniknya, caranya, optimasinya dllnya. Cara ini jelas membawa banyak manfaat untuk anda sendiri, terutama tentang revolusi pengetahuan “JAMAN NOW” yang perkembangannya sangat cepat! Pada poin ini jelas maksudnya, siapa yang malas belajar, dialah yang KALAH sebelum bertanding. SIAP?

Jika market anda sudah ketemu, jangan lupa memanfaatkan semua itu dengan baik. Dan pastikan bahwa produk produk yang anda jual memang benar benar mereka butuhkan, mereka inginkan. Jika semua itu sudah anda temukan, untuk menemukan loyal customer pun tidak akan susah..

PERCAYA DEH!

baca juga : apa yang dimaksud dengan Leads Generation ?

Nah Buat anda yang masih Bingung, anda Bisa belajar secara lengkap Teknik Tersebut dari Teknik Dasar sampai Expert Di 

 
meski anda Newbie materi ini saya persembahkan agar mudah dipelajari dalam bentuk video. jadi segera dapatkan, Ingat INVESTASI LEHER KEATAS, AKAN MENGEMBALIKAN HASIL KEPADA ANDA BERKALI LIPAT
Semoga bermanfaat,
 
Andros

About Haymaker

Check Also

Seluk Beluk Tentang Biaya Facebook Ads yang Perlu Diketahui

Berapa besarnya biaya Facebook Ads yang harus kita bayar jika memasang iklan pada jejaring sosial …

One comment

  1. Thanks, it is very informative

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *