Home / digital marketing / Seluk Beluk Tentang Biaya Facebook Ads yang Perlu Diketahui

Seluk Beluk Tentang Biaya Facebook Ads yang Perlu Diketahui

Berapa besarnya biaya Facebook Ads yang harus kita bayar jika memasang iklan pada jejaring sosial terbesar tersebut? Mengingat bahwa Facebook adalah media sosial pertemanan yang paling banyak digunakan saat ini di seluruh dunia maka beriklan di dalamnya bisa sangat efektif. Tetapi apakah itu berarti juga bahwa biaya iklan yang harus kita bayarkan pada pihak Facebook juga paling mahal dibandingkan dengan media lainnya?

Nah, itu baru sebuah pertanyaan sederhana saja menyangkut iklan di Facebook. Sebagai pelaku bisnis maka anggaran promosi harus kita perhitungkan dengan matang termasuk biaya Facebook Ads tersebut.

Supaya tidak merasa seperti masuk jebakan Batman maka sebaiknya Anda mengetahui segala hal penting tentang pemasangan iklan di Facebook tersebut. Karena mahal dan murah itu sifatnya juga relatif. Apa saja hal-hal penting yang perlu diketahui tentang Facebook Ads tersebut? Ikuti penjelasannya dibawah ini.

Pengertian dan Biaya Facebook Ads

Definisi Facebook Ads

Dari namanya sepertinya sudah bisa ditebak bahwa Facebook Ads adalah iklan yang dipasang dalam halaman dari media sosial tersebut. Yang bisa dimasukkan ke dalam Facebook Ads tidak hanya produk yang berupa barang tetapi bisa juga dalam bidang jasa. Tidak juga harus berupa perusahaan besar, kita sebagai individu juga bisa membuat iklan personal untuk menawarkan produk barang dan jasa milik kita.

Iklan biasanya dibuat dengan cara pemilik akun Facebook membuat halaman di fitur Fan Page terlebih dahulu. Jadi memang bukan dengan akun biasa seperti yang digunakan untuk menjalin pertemanan saja.

Di dalam iklan tersebut nantinya kita sebagai pemilik Fan Page akan memiliki kebebasan untuk melakukan pengaturan dalam banyak hal. Yaitu antara lain adalah

pengaturan tentang target dari iklan tersebut misalnya gender, umur, pendidikan dari pemirsa iklan.

Manfaat Facebook Ads

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana perhitungan atas biaya Facebook Ads, tidak ada salahnya kalau kita mengetahui apa saja manfaat dari beriklan di FB. Karena di dalam menjalankan bisnis memperhitungkan soal keuntungan itu hal yang biasa bahkan sebuah keharusan. Lalu keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dengan memasang Facebook Ads tersebut?

Inilah beberapa manfaat dan keuntungan dari Facebook Ads.

▪ Kesempatan produk dan jasa yang ditawarkan untuk dilihat orang akan lebih besar mengingat pengguna FB di seluruh dunia mencapai 1 miliar

▪ Mudah mendapatkan perhatian karena banyak orang akan membuka Facebook hingga berkali-kali setiap harinya

▪ Mudah dilihat oleh target atau calon konsumen karena konsep iklan di Facebook menjadi bagian dalam media sosial itu sendiri

▪ Mudah untuk diakses menuju web atau situs dari produk yang diiklankan

▪ Sangat efektif karena menurut data bahwa salah satu pengguna Facebook terbesar adalah orang Indonesia

▪ Biaya Facebook Ads yang harus dikeluarkan sepadan dengan efektivitas dari iklan

Itulah hal mendasar yang perlu diketahui terlebih dahulu tentang iklan di Facebook atau Facebook Ads.

Metode Perhitungan Biaya Facebook Ads

Cost Per Click (CPC)

Cara perhitungan biaya Facebook Ads yang pertama adalah sistem CPC atau Cost Per Click. Artinya bahwa kita sebagai pemasang iklan akan dikenai biaya penagihan atas hitungan setiap satu klik yang diberikan oleh pemirsa iklan tersebut di Facebook. Biaya untuk per klik oleh konsumen atau pemirsa adalah sebesar Rp. 650 hingga Rp. 1550 atau dipadan dengan $0,05- $ 0,12.

Yang harus dipertimbangkan dalam pemasangan iklan dengan metode pembayaran seperti ini adalah diantaranya jenis produk yang dipasarkan, link menuju website atau Fan Page dari produk dan juga seberapa banyak kompetitornya.

Hal-hal tersebut itulah yang akan menjadi bahan pertimbangan dari pihak Facebook untuk menentukan berapa rupiah uang yang harus kita bayarkan untuk biaya Facebook Ads.

CPM

Metode pembayaran iklan Facebook yang kedua adalah CPM dimana Anda “hanya” akan membayar kalau iklan ditampilkan dalam halaman media sosial tersebut saja. Jadi perhitungannya berbeda dengan yang model CPC, dengan sistem CPM ini baik di like atau tidak iklan Anda maka Anda harus membayarnya. Yang penting berapa kali iklan kita muncul di FB maka kita harus membayar sebanyak tampilan tersebut.

Harganya juga tidak jauh dengan cara pembayaran pada sistem CPC. Harga yang harus dibayarkan untuk iklan di Facebook dengan sistem CPM ini juga berkisar antara $0,05 – $0,12. Persamaannya adalah dalam menetapkan harga dan biaya Facebook Ads yang harus dibayar pihak Facebook mempertimbangkan beberapa hal seperti target iklan dan jenis bisnisnya.

Meskipun sifat dari iklan di Facebook dianggap mudah mencuri perhatian tetapi kita sebagai pengiklan tetap harus memperhatikan faktor kreativitasnya. Jumlah iklan yang dipasang di FB tidaklah sedikit sehingga agar lebih menarik perhatian kita harus merancang konsep iklan yang bagus.

Tips Membuat Iklan yang Kreatif di Facebook

Buat Tujuan yang Jelas Dari Iklan Tersebut

Sebelum membuat iklan yang lebih jauh maka langkah pertama adalah buatlah tujuannya. Ingatlah bahwa kita harus membayar iklan nantinya sangat dipengaruhi oleh jumlah penontonnya. Semakin menarik maka akan semakin disenangi orang dan akan membuat mereka tertarik untuk membeli apa yang kita iklankan.

Caranya adalah dengan masuk ke akun Fan Page atau akun iklan FB kita kemudian kilik pada “kelola iklan”. Kalau masih kosong pada bagian tersebut itu artinya iklan kita belum ada maka buatlah iklan terlebih dahulu dengan klik pada bagian “buat iklan”. Nanti akan ada langkah-langkah yang akan mengarahkan kita kepada tindakan selanjutnya.

baca juga : Fitur Facebook Map nya Facebook Meniru Fitur Snap Map nya SnapChat

Jangan Lupa Sertakan URL

Dalam membuat iklan di Facebook Anda tidak boleh melupakan akses untuk masuk ke halaman tentang produk yang kita tawarkan. Jadi kalau ingin iklan Facebook bisa efektif dan mendapatkan banyak komentar, like dan konsumen maka jangan lupa untuk menyertakan link URL ke website produk tersebut. Link tersebut akan memandu orang yang melihat iklan untuk masuk ke “rumah” dari produk yang diiklankan.

Dengan begitu orang yang melihat iklan kita akan dengan mudah masuk ke dalam web dan mengetahui info lebih detail tentang apa yang kita tawarkan. Cara ini akan membuka peluang lebih besar untuk bisa mendapatkan pembeli atau konsumen yang tentunya akan mendatangkan laba. Dengan uang laba tersebut kita bisa membayar biaya Facebook Ads.

Berikan Gambar Produk yang Terbaik

Setelah langkah membuat tujuan diselesaikan maka saatnya untuk memasang gambar-gambar yang berkaitan dengan produk yang akan dijual. Nantinya gambar-gambar itulah yang akan ditampilkan di Facebook dan dilihat oleh orang lain. Jadi pilihlah gambar dengan kualitas yang terbaik agar membuat orang tertarik.

Untuk tahap awal dalam hal ini Facebook memberikan ruang untuk pemasangan 6 gambar untuk trial (uji coba). Nantinya dari sini bisa diketahui perkiraan biaya Facebook Ads yang harus kita bayarkan. Dengan cara trial ini juga kita bisa melihat tingkat efektivitas dari gambar yang dipasang dengan tingkat capaian dari iklan tersebut.

About Haymaker

Check Also

4 Cara Menghasilkan Uang Dari AdSense Melalui YouTube

Harus Coba! Inilah 4 Cara Menghasilkan Uang Dari AdSense Melalui YouTube

4 Cara Menghasilkan Uang Dari AdSense Melalui YouTube Saat ini ada banyak sekali artikel di …

3 comments

  1. I spent a lot of time to find something such
    as this

  2. I spent a lot of time to locate something such as
    this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.