Home / digital marketing / Rahasia Pemasaran Digital yang Tidak Diketahui Kompetitor

Rahasia Pemasaran Digital yang Tidak Diketahui Kompetitor

Rahasia Pemasaran Digital yang Tidak Diketahui Kompetitor

Jika bisnis Anda masih berskala kecil, tidak jarang Anda akan merasa tertinggal dari kompetitor. Lagipula, perusahaan Anda masih belum terlalu besar dan belum memiliki budget untuk mempekerjakan tenaga ahli pemasaran digital. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berjuang sendiri.

Yang menjadi faktor penting untuk keberhasilan bisnis Anda adalah pengetahuan. Banyak ilmu serta wawasan yang sebenarnya dapat Anda terapkan untuk meraih kesuksesan. Ilmu dan wawasan itu pun tidak banyak diketahui oleh kompetitor Anda. Mari kita simak tips rahasia marketing digital yang tepat untuk bisnis kecil.

Dasar-Dasar Pemasaran Digital yang Efektif

1.Memanfaatkan Influencer Marketing

Sebenarnya, jasa influencer bukanlah metode yang benar-benar baru dalam bidang marketing digital. Namun, cara ini juga belum begitu banyak diterapkan oleh kompetitor. Jadi, alih-alih memasarkan bisnis kepada target audiens, Anda bisa membayar atau bekerja sama dengan tokoh publik yang terkenal.

Seorang influencer untuk pemasaran digital tidak harus selebriti atau bintang film. Justru, biasanya influencer adalah selebgram, Youtuber, atau orang lain yang terkenal melalui media sosial. Menurut survei oleh Collective Bias, 30% konsumen cenderung membeli produk yang direkomendasikan oleh blogger non selebriti.

Inilah sebabnya, pemasaran dengan influencer sangat efektif untuk generasi milenial. Pasalnya, 70% dari konsumen masa kini lebih memilih rekomendasi dari kenalan untuk membeli sesuatu. Anda bisa mencoba melakukan kerja sama dengan influencer marketing atau memanfaatkan komunitas yang sudah memiliki banyak anggota.

2. Tidak Meremehkan Peranan Email

Email bisa menjadi salah satu aset yang paling berharga milik Anda. Menurut Quicksprout, audiens yang berlangganan email lebih berpotensi hingga 3 kali lipat untuk membagikan konten di media sosial. Email untuk pemasaran digital ini biasanya berupa newsletter yang berisi promo terbaru dari bisnis Anda.

Namun, memang benar bahwa banyak kompetitor yang belum mengelola email marketing dengan baik. Banyak yang mengira bahwa media sosial sudah cukup menjadi platform untuk marketing.

Memiliki banyak pengikut di media sosial memang penting. Namun, jika Anda ingin mengubah prospek audiens menjadi pelanggan yang membeli produk atau layanan Anda, maka email marketing menjadi salah satu cara terbaik untuk melakukannya.

3. Mengatur Konten dan Pemanfaatan SEO

Menerapkan Aturan 80-20 untuk Konten

Aturan 80-20 berarti 80% kesuksesan Anda akan dihasilkan dari 20% upaya Anda. Aturan ini berlaku untuk segala hal, termasuk konten yang Anda buat untuk berbagai media, mulai dari website hingga sosmed. Misalnya, seperti video, webinar, posting blog, infografis, dan lain-lain. Lantas, bagaimana cara menerapkan aturan 80-20?

Sebenarnya, pemasaran digital melalui cara ini cukup sederhana. Jadi, 80% konten Anda harus mengkomunikasikan tentang nilai bisnis Anda, sementara 20% untuk fokus kepada promosi. Konten yang bernilai umumnya unik, segar, tepat waktu, relevan, dan memberikan solusi untuk target audiens Anda.

Anda bisa mulai dari membuat konten menarik untuk blog. Pasalnya, bisnis dengan blog memiliki lebih banyak prospek hingga 67% daripada bisnis tanpa blog. Di samping itu, manfaat lain dari blog adalah meningkatkan trafik yang tertarget, menambah kepercayaan dan kesetiaan pelanggan, serta pengelolaannya lebih hemat dan mudah.

 

Baca jugaMENEMUKAN TARGET MARKET DAN MENEMUKAN DIMANA MARKET BERADA?

Tepat Waktu Mengandalkan SEO dan Iklan Berbayar

Setiap pemilik bisnis kecil yang merambah ke dunia pemasaran digital tentu pernah mendengar tentang SEO atau Search Engine Optimization. Namun, tetap saja banyak yang tidak menerapkannya karena mengira caranya rumit serta menyita waktu.

Sebetulnya, hal tersebut ada benarnya. Namun, SEO masih menjadi cara terbaik untuk mengarahkan trafik secara gratis ke website Anda. Sebabnya, SEO dapat menaikkan peringkat website Anda di mesin pencari. Di samping itu, masih banyak manfaat lain dari SEO.

Manfaat tersebut di antaranya mengoptimalkan website, optimasi halaman, pengoptimalan perangkat, membangun tautan yang kredibel, penggunaan sub kategori untuk mengoptimalkan halaman. Anda bisa menggunakan jasa spesialis SEO untuk mendapatkan bantuan secara optimal.

Di samping itu, mulailah anggarkan bujet untuk menggunakan iklan berbayar pada website maupun media sosial Anda. Iklan berbayar dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak audiens secara luas. Namun, ingat bahwa hasilnya tidak akan datang secara instan, ya, karena semuanya tentu membutuhkan proses.

4. Meningkatkan Tampilan dan Perbaikan Layanan

Meningkatkan User Experience

Meningkatkan user experience (UX) dapat melengkapi seluruh strategi marketing digital Anda, sehingga menjadi serangkaian metode yang efektif. Tujuan UX adalah untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengguna dalam mengakses website dan platform Anda yang lain.

Beberapa indikator untuk mengetahui apakah UX Anda sudah bagus antara lain adalah konten di website Anda, cara berkomunikasi Anda dengan pelanggan, antarmuka atau user interface (UI) yang intuitif, kecepatan loading website Anda, menu navigasi yang responsif, chatbots untuk membantu komunikasi, dan lainnya.

Kuncinya, untuk mengetahui semuanya maka Anda perlu menetapkan target audiens. Tujuan utama pemasaran digital ada tiga, yakni memberikan informasi dan menginspirasi audiens, membuat strategi manajemen yang mendekatkan hubungan Anda dengan pelanggan, serta melakukan marketing yang efektif melalui video.

Kesimpulan

Seperti yang kita ulas dalam poin-poin tadi, cara paling baik yang dapat Anda terapkan untuk bersaing dengan kompetitor adalah dengan menggunakan metode marketing digital yang sudah benar-benar terbukti, seperti yang telah di ajarkan di materi Leads Generation Mastery ( Klik Disini untuk informasi lanjut )

Bukan tidak mungkin bahwa kompetitor Anda akan melakukan kesalahan yang sama dengan Anda. Namun, keunggulan Anda adalah sudah memiliki strategi pemasaran digital yang jitu untuk menghindari dan mengatasi kesalahan tersebut. Jadi, Anda bisa selangkah lebih maju lagi untuk mengembangkan bisnis Anda. Selamat mencoba.

About Haymaker

Check Also

4 Cara Menghasilkan Uang Dari AdSense Melalui YouTube

Harus Coba! Inilah 4 Cara Menghasilkan Uang Dari AdSense Melalui YouTube

4 Cara Menghasilkan Uang Dari AdSense Melalui YouTube Saat ini ada banyak sekali artikel di …

One comment

  1. It works quite well for me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.