Home / digital marketing / Mau Bisnis Sukses? Ini 8 Rahasia Strategi Digital Marketing Efektif

Mau Bisnis Sukses? Ini 8 Rahasia Strategi Digital Marketing Efektif

Mau Bisnis Sukses? Ini 8 Rahasia Strategi Digital Marketing Efektif

Perkembangan teknologi saat ini sudah menjadi sesuatu yang benar-benar masif dan mengalami perubahan yang sangat pesat. Keberadaan akses internet memperkuat posisi teknologi sebagai penggerak peradaban manusia saat ini. Melalui internet, semua hal bisa dilakukan oleh manusia termasuk dengan pemasaran alias marketing sebuah produk.

Yap, dulu untuk menjual sebuah produk maka Anda harus memasang iklan di media cetak atau elektronik hingga menyebar brosur, sekarang tidak lagi. Melalui internet, marketing bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Hanya saja untuk memperoleh hasil maksimal, tidak bisa dilakukan secara sembrono. Ada beberapa rahasia strategi digital marketing yang wajib Anda pahami.

8 Rahasia Strategi Digital Marketing Yang Ampuh Dicoba :

1. Manfaatkan Email

Jangan pernah remehkan email. Karena sebetulnya email merupakan salah satu strategi digital marketing paling tua yang pernah ada. Pertama kali muncul tahun 1971, email bisa menjadi amunisi terbaik untuk meraih growth. Dengan email Anda bisa mengirimkan penawaran khusus dan newsletter agar calon konsumen makin memahami produk yang Anda miliki.

Kabarnya marketing lewat email ini memiliki ROI (Return of Investment) mencapai 122%. Supaya makin efektif, ada beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan seperti panggil langsung nama konsumen agar lebih personal, usahakan materi bisa dibuka di perangkat mobile karena 75% pengguna email membuka email di HP. Dengan biaya relatif ekonomis, jauh lebih menguntungkan, bukan?

Nah buat kamu yang baru pertama ingin belajar Membangun list building melalui email bisa coba melalui Getresponse di link ini –> Getresponse

2. Gunakan Media Sosial

Tak ada yang bisa menolak betapa besarnya kekuatan media sosial. Bahkan hampir 90% pelaku pemasaran setuju jika media sosial bisa mendongkrak popularitas perusahaan dan berdampak positif ke produk bisnis. Ada banyak jenis yang bisa Anda gunakan entah Facebook, Instagram, Twitter atau Youtube.

Supaya strategi digital marketing bisa berjalan sempurna, Anda harus tahu siapa dan seperti apa demografi pasar Anda. Belum tentu bisnis orang lain sukses di Instagram dan produk Anda akan mengalami nasib serupa. Sehingga haruslah benar-benar bijak.

Nah untuk meningkatkan aktifitas dan efektifitas instagram sosial media anda, digital insurance marketer membantu dengan sebuah tool automatisasi yang bisa di setup oleh anda sendiri , yaitu AutoGram

3. Pasang Google AdWords

Secara sederhana, Google AdWords adalah sebuah metode agar pengguna internet berkunjung ke website bisnis Anda lewat mesin pencari Google. Di mana saat pengguna internet mencari sebuah produk dengan kata kunci tertentu, bisnis Anda akan masuk ke daftar hasil pencarian. Termasuk strategi digital marketing dengan metode PPC (Pay-Per-Click), ada banyak keuntungan yang didapat.

Keuntungan utama PPC adalah mampu menjaring calon pembeli dengan tepat. Namun wajib diingat kalau penggunaan PPC ini mayoritas menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Untuk itulah Anda harus benar-benar merencanakan secara bijak dan memahami betul mengenai Google AdWords.

4. Memahami SEO

Jika Anda tak ingin memakai PPC, maka satu-satunya hal yang harus dikuasai agar website bisnis Anda di posisi teratas hasil pencarian internet adalah SEO. Yap, SEO memiliki peran besar dalam strategi digital marketing. Bukan cuma untuk menarik pengguna internet berkunjung ke website, SEO juga menjadi bukti kalau konten yang ditawarkan website benar-benar berkualitas.

Untuk bisa memahami SEO, Anda harus benar-benar mempelajari secara mendalam. Apalagi mesin pencari yang mayoritas dipakai oleh hampir seluruh pengguna internet di Bumi ini yakni Google, kerap memperbarui algoritma mereka. Tak heran kalau mereka para ahli SEO selalu melakukan adaptasi yang cukup cepat mengenai keyword, meta tag hingga kebiasaan pengguna internet.

5. Konten Adalah Kunci

Tak berlebihan kalau disebut jika konten merupakan kunci dari strategi digital marketing. Konten yang bagus baik dalam materi artikel atau video memiliki peran besar untuk mengenalkan produk bisnis Anda. Konten berkualitas yang memenuhi kaidah SEO akan mampu menjadi ujung tombak penjualan sebuah produk. Namun Anda harus benar-benar mengenali calon pasar yang jadi target.

Pada dasarnya ada tiga jenis konsumen di dunia pemasaran yakni mereka yang baru mengenal produk Anda, mereka yang belum memutuskan menggunakan produk Anda dan mereka yang sudah siap membeli produk Anda. Ketiga jenis konsumen harus disuguhkan konten dengan tampilan berbeda. Dengan konten yang bagus, kredibilitas perusahaan Anda akan meningkat.

Agar pemasaran produk bisa sukses, setidaknya ada tiga format konten umum beredar di internet. Pertama adalah tulisan berupa artikel, video dan terakhir adalah podcast. Wajib diingat pula jika metode hard selling saat ini dianggap tidak berguna karena calon konsumen enggan ‘diperintah’ untuk membeli sesuatu meskipun mereka membutuhkan.

6. Pakai Jasa Influencer

Tak ada yang bisa menolak kalau influencer atau sosok berpengaruh di internet adalah cara tercepat untuk memasarkan produk Anda. Bahkan menurut riset, 84% pelaku pemasaran mempertimbangkan influencer untuk promosi produk. Ada banyak sekali influencer di media sosial seperti selebgram, selebtwit, Youtubers hingga blogger dan vlogger terkenal yang bisa dimanfaatkan.

Jangan remehkan sosok-sosok berpengaruh di media sosial ini, karena mereka menjadi kunci dari konsumen yang sudah kebal dengan berbagai metode pemasaran. Para influencer ini juga mampu mengenalkan strategi word of mouth yang mampu membuat growth bisnis Anda makin meningkat.

Kendati menguntungkan, bayaran untuk seorang influencer juga tidak murah. Apalagi jika sosok influencer yang Anda pilih sebagai media endorse memiliki pengikut jutaan orang, harus siap-siap dengan budget cukup besar. Namun jika Anda yakin bakal balik modal, jangan khawatirkan budget dulu.

7. Kearifan Lokal

Jangan remehkan hal-hal yang berbau lokal. Karena unsur lokal dalam sebuah produk justru memiliki unsur marketing yang sangat besar. Coba lihat banyak brand luar negeri yang ingin mengenalkan produk mereka dengan kearifan lokal. Bukan cuma dalam bentuk konten tulisan yang berbudaya lokal, tampilan website hingga dekorasi perusahaan yang lokal bakal mampu diterima oleh pasar.

Ambil salah satu contohnya adalah Google Indonesia yang mendesain kantor mereka dengan budaya-budaya Nusantara seperti batik dan wayang. Bukan cuma itu saja, Google Indonesia juga kerap menggunakan materi iklan yang begitu dekat dengan kebiasaan publik Tanah Air. Sedikit banyak strategi marketing ini jauh lebih efektif daripada yang ngotot ‘berbau barat’.

8. Retargeting Ads

Inilah strategi digital marketing yang sedang populer di kalangan pelaku pemasaran dunia maya. Jika Anda tidak tahu, Retargeting Ads adalah metode pemberian iklan yang relevan dengan calon konsumen. Memanfaatkan Facebook Pixel Code dan Google Analytics Code dalam website bisnis Anda, Anda berpeluang membuat iklan yang relevan dengan Retargeting Ads.

Bukan cuma itu saja, Retargeting Ads juga mampu membaca kebiasaan pasar melalui rekam jejak website yang diakses. Karena dianggap lebih efektif dan efisien, pengguna Retargeting Ads kini makin banyak.

Melihat delapan hal yang sudah diulas, terbukti kalau memang mengenalkan sebuah produk melalui dunia maya cukuplah kompleks. Sejalan dengan internet yang terus berkembang, dunia marketing juga harus peka akan perkembangan teknologi. Sehingga agar strategi digital marketing bisa berjalan sempurna, jangan segan untuk mengenali segala hal yang tengah viral di internet.

(KVAF)

baca juga : 10 tools / perangkat gratis untuk para digital marketers

 

About Haymaker

Check Also

Seluk Beluk Tentang Biaya Facebook Ads yang Perlu Diketahui

Berapa besarnya biaya Facebook Ads yang harus kita bayar jika memasang iklan pada jejaring sosial …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *