Home / digital marketing / Berikut Pengertian dan Konsep Digital Marketing yang Mampu Mendongkrak Penjualan

Berikut Pengertian dan Konsep Digital Marketing yang Mampu Mendongkrak Penjualan

Konsep Digital Marketing banyak membantu orang dalam praktik bisnis dan mampu mendongkrak penjualan. Sedangkan digital marketing sendiri termasuk strategi pemasaran. Dilakukan oleh sebuah perusahaan, organisasi dan individu dalam memasarkan produk yang mereka miliki menggunakan media digital.

Saat Anda mendengar tentang digital marketing, tentunya yang dibayangkan hanya hal-hal rumit saja dan membingungkan. Baik untuk campaign, influencer, analisa marketing, bump dan yang lainnya.

Sedangkan digital marketing sendiri memiliki beberapa konsep dan mampu membantu Anda dalam mendongkrak penjualan. Konsep tersebut dapat bekerja lebih baik dalam bidang jual beli.

Konsep Digital Marketing yang Mampu Mendongkrak Penjualan

Belajar Mengenai SEO

SEO ini termasuk sebuah konsep dalam digital marketing dan dapat dijalankan. SEO juga merupakan strategi pemasaran secara online dan dapat dijalankan dengan jangka panjang. Memiliki proses yang cukup panjang tapi harga yang dibayarkan tidak mahal seperti digital marketing lain.

Dengan memiliki konten penulisan yang bagus, maka dapat menjadi strategi pemasaran yang masih dapat digunakan dan salah satunya oleh praktisi digital marketing.

Sedangkan untuk dasar-dasarnya Anda harus memiliki Heading dengan teks relevan. Memiliki Alt pada bagian gambar dan isinya digunakan untuk deskripsi gambar tersebut. Terdapat deskripsi teks Link dan memiliki deskripsi Meta dalam menggambar konten yang maksimal sepanjang 160 karakter serta judulnya maksimal 80 karakter.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan SEM atau search engine marketing. Meskipun masih ada kaitannya dengan SEO, tapi SEM berbayar. Melibatkan pemasaran dan berisi iklan pada mesin pencari. Untuk konsep pembayarannya berupa CPC atau bayar per klik dan CPM atau bayar per seribu kali impresi.

Optimasi Konten Web Supaya Mudah Dibaca

Selain belajar tentang SEO dari konsep digital marketing, Anda juga harus dapat membedakan bagaimana caranya menyajikan sebuah konten media online dan media cetak. Karena pada media online, orang-orang lebih suka melihat dan membaca konten yang singkat. Memberikan informasi yang bermanfaat dan menarik.

Pastikan juga untuk menyediakan gambar menarik supaya tidak membosankan. Tambahkan tag H1 pada setiap topik supaya pembaca dapat melihat poin penting yang telah Anda sajikan.

Menggunakan Sosial Media

Promosi menggunakan sosial media memang dapat memberikan potensial pada website yang Anda miliki. Sosial media juga terkesan lebih mudah, tapi jangkauannya tidak luas.

Anda hanya dapat membagikan konten pada teman-tema dan pengikut saja. Jadi tidak dapat menarik pengunjung baru pada website. Jadi menggunakan iklan, jangkauannya menjadi lebih luas serta mendapatkan pengunjung terbaru.

Untuk konsep digital marketing yang menggunakan sosial media harus memiliki rencana supaya dapat mencapai tujuan. Berinteraksi dengan kelompok yang sudah Anda targetkan, mencoba untuk memberikan yang berbeda dari yang lain dan perhatikan prospek kerja.

Mobile Marketing

Jika Anda pernah melihat aplikasi dan game dibuat sesuai produk tertentu. Maka hal tersebut termasuk contoh penerapan mobile marketing. Tidak hanya itu saja, aplikasi atau situs yang dibuat khusus untuk perangkat penggerak disebut juga dengan mobile marketing. Jadi Anda dapat melakukan pemasaran berbayar dengan beriklan melalui Admob.

Email Marketing

Email marketing sendiri sempat diabaikan oleh banyak pebisnis sebagai konsep digital marketing. Karena para pebisnis tersebut memiliki pemikiran tidak banyak pengguna Indonesia yang menggunakan email secara aktif.

Email marketing ini dapat dimulai dengan email yang Anda miliki. Mengirimkan promosi dan informasi produk pada kontak email. Cara ini juga cukup jika Anda ingin memulai sebuah pemasaran produk.

Tapi jika dikirim pada kontak yang terlalu banyak, maka pihak penyedia layanan email akan menanggapi sebagai spam dan tidak dibuka. Anda juga dapat menggunakan tools email marketing. Seperti Aweber, Mailchimp atau GetResponse.

Menyusun Strategi Pemasaran Online

Konsep digital marketing selanjutnya dengan menyusun strategi pemasaran online supaya bisnis berjalan lancar. Dengan cara menyusun strategi pada setiap saluran yang Anda gunakan.

Seperti menggunakan media sosial marketing berbayar, SEO sampai iklan berbayar dan yang lainnya. Dengan menyusun strategi dari sekarang dan memiliki konsep yang baik, maka dapat membantu Anda dalam meraih tujuan lebih cepat serta sistematis

Pengertian Digital Marketing dan Kelebihannya

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing dikenal sebagai pemasaran digital. Termasuk kegiatan dalam sebuah usaha pemasaran dan memasarkan sebuah brand atau merk menggunakan berbagai media digital seperti internet sesuai konsep digital marketing.

Selain itu saat ini digital marketing juga sudah sangat populer, terutama di kalangan pebisnis yang pertumbuhan serta kemajuan teknologi komunikasinya sudah semakin berkembang.

Dengan banyaknya pengguna internet, maka konsep digital marketing juga dianggap sebagai cara paling jitu dalam memasarkan produk. Tidak hanya itu, internet saat ini juga sudah menjadi market place sendiri bagi banyak pelaku bisnis.

Keuntungan Digital Marketing

Dalam sebuah dunia bisnis atau usaha, tentunya banyak orang yang dapat mengikuti arus perkembangan jaman. Tapi tidak sedikit juga yang masih tertinggal dan bangkrut. Sama dengan teknologi yang ada saat ini, karena sudah masuk dalam era digital yang lebih mudah.

Jadi setiap pengusaha wajib mengikuti arus digital tersebut. Selain itu pemasaran dengan digital marketing ini juga memiliki banyak keuntungan bagi para pengusahanya..

Mulai dari mampu menghubungkan para produsen dengan konsumen melalui internet. Menghasilkan penjualan yang lebih tinggi, karena tidak terbatas jarak dan waktu. Biayanya lebih hemat dibandingkan media cetak, media radio dan televisi.

Mampu membuat penjualan memberikan pelayanan real time pada pelanggan. Menghubungkan penjual dengan pelanggan menggunakan perangkat mobile kapan pun dan dimana pun.

Menghasilkan keuntungan lebih besar dibandingkan menggunakan biaya iklan. Menstabilkan posisi sebuah brand di mata konsumen dari brand pesaingnya. Membantu pengusaha mikro mampu bersaing dengan pengusaha makro.

Memberikan kesempatan yang luas pada pengusaha dalam melakukan branding setiap produk. Dengan begitu produk menjadi dikenal dan mendapatkan tempat tersendiri di lapisan masyarakat.

Kelemahan Digital Marketing

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan konsep digital marketing, ketahui juga kelemahan yang dimiliki. Seperti memiliki konsep pemasaran online yang mudah ditiru orang lain.

Era e-commerce yang memunculkan banyak pesaing dan tidak memiliki batasan teritori. Jadi dapat menghambat sebuah perusahaan untuk memasarkan produknya. Ada juga banyak produk yang belum tentu cocok dipasarkan dengan media online.

Selain itu jika ada reaksi negatif dari konsumen dan muncul di internet. Maka hal tersebut dapat muncul di internet dan merusak reputasi perusahaan lebih cepat. Digital marketing juga termasuk media promosi yang terlalu bergantung pada dunia teknologi.

Umpan balik dan laporan tidak disajikan secara instan. Beberapa orang harus merespon panggilan supaya dapat bertindak dari iklan dalam salah satu media. Tapi tidak ada cara untuk mengetahui jumlah pasti dari orang yang sudah melihatnya.

Belum tentu semua kalangan saat ini melek dengan teknologi internet. Konsep digital marketing hanya bisa diterapkan secara maksimal pada generasi dengan usia produktif saja.

About Haymaker

Check Also

Mau Bisnis Sukses? Ini 8 Rahasia Strategi Digital Marketing Efektif

Mau Bisnis Sukses? Ini 8 Rahasia Strategi Digital Marketing Efektif Perkembangan teknologi saat ini sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *